Ibu Saparinah Sadli

Tentang Saparinah Sadli

Saparinah Sadli, lahir di Tegalsari, 24 Agustus 1926, adalah perempuan luar biasa yang telah berperan sebagai akademisi, motivator, mediator, penggerak masyarakat, sekaligus pejuang HAM khususnya bagi perempuan.

Saparinah Sadli memulai karir di bidang akademik di Fakultas Psikologi, tempat beliau meraih gelar Doktor. Setelah berkiprah sampai jabatan tertinggi di fakultas, pada tahun 1990 ia mendirikan dan memimpin Program Studi Kajian Wanita, Sebuah Program Pascasarjana Universitas Indonesia selama 10 tahun.

Pada tahun 1997 sampai 2002, ia menjadi Wakil Ketua Komisi Nasional Hak-Hak Asasi Manusia.

Ia adalah tokoh kunci yang menggerakan anggota masyarakat untuk menuntut negara menuntaskan penyelidikan mengenai kekerasan seksual yang terjadi dalam tragedi kerusuhan Mei 1998. Tuntutan kelompok masyarakat ini berhasil mendorong Presiden saat itu, BJ Habibie, untuk mengeluarkan Keputusan Presiden menetapkan didirikannya Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan, atau ringkasnya disebut sebagai "Komnas Perempuan."

Saparinah kemudian mempimpin Komnas Perempuan sejak berdirinya pada Oktober 1998 hingga dimulainya Anugerah ini pada tahun 2002. Setelah itu, selama beberapa tahun, ia masih terlibat sebagai Past President.

Kini, di usianya yang ke 92 tahun, Saparinah masih aktif di Kajian Wanita UI, di Yayasan Kesehatan Perempuan serta di Dewan Guru Besar Universitas Indonesia.

Buku Saparinah Sadli